Jika Ibukota Pindah Ini 6 Kota Yang Mungkin Jadi Ibukota Indonesia.. Ada Kota Kamu??

Buat kamu yang tinggal di Jakarta pasti udah tahu banget sama kondisi kota kita ini. Macet, padat penduduk, banjir dan lain-lain. Di luar sisi buruknya, Jakarta tetap menjadi idaman para penduduk Indonesia untuk  mengadu nasib dan mencari nafkah.


Nah, ternyata untuk mengurangi segala risiko yang ada, pemerintah sejak jaman Presiden Soekarno sempet ada wacana untuk memindahkan ibukota dari Jakarta, guys. Alasannya selain untuk pemeretaan pembangunan, Jakarta dinilai sudah kurang layak untuk menjadi ibukota karena akan dikhusukan menjadi kota bisnis. Apa aja kota-kotanya? Yuk disimak.



Jika Ibukota Pindah Ini Daftar 6 Kota Yang Mungkin Jadi Ibukota Indonesia



1. Palangkaraya


Ibukota Negara
Sumber : Dronestargr.am
Ide untuk memindahkan ibukota ke Palangkaraya sudah ada sejak jamannya Presiden Soekarno. Bahkan beliau sudah merancang tata kota agar cocok menjadi ibukota. Wacana ini muncul pada tahun 1957 saat Soekarno meresmikan Palangkaraya sebagai ibukota Kalimantan Tengah. Alasannya, kota ini terletak di tengah-tengah Indonesia dan tidak berada pada daerah tektonik sehingga cukup aman dari gempa dan longsor. Pada tahun 2010 pada era Presiden SBY, wacana ini sempat nongol lagi. Tapi kenyataannya sampai sekarang belum terealisasikan.

2. Jonggol



Ibukota Negara
Sumber : Hipwee.com
Buat kalian yang ngga tahu Jonggol itu dimana, Jonggol terletak di Kabupaten Bogor yang berdekatan dengan Cibubur dan Cileungsi. Kalo masih bingung, kalian pasti tahu Taman Buah Mekarsari, nah taman ini terletak di Jonggol. Wacana pemindahan ibukota ke Jonggol timbul di era Presiden Soeharto dan sempat naik lagi pada pada era Presiden SBY. Bahkan pemerintah juga udah bikin perencanaan poros Timur Tengah yang menghubungkan Jonggol dengan daerah sekitarnya. Walaupun namanya terdengar kurang asik, Jonggol dianggap cocok dijadikan ibukota karena letaknya yang ngga gitu jauh dari Jakarta dan suasananya yang masih sejuk.

3. Palembang



Ibukota Negara
Sumber : Tripadvisor.com
Berikutnya ada Kota Palembang. Walaupun wacana ini Cuma sekedar usulan, beberapa ahli menyatakan kalo Palembang sangat cocok dijadikan ibukota dilihat dari segi historis, geografis dan sumber daya alamnya. Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang mimiliki sejarah panjang dimulai dari penyebaran agama Islam dari Cina yang dibawa oleh Laksamana Ceng Ho, juga menjadi pusat pemerintahan kerajaan Sriwijaya. Selain itu Palembang juga dianggap aman secara geografis karena jarang terjadi bencana alam.

4. Bandar Lampung



Ibukota Negara
Sumber : Tribunnews.com
Ibukota propinsi paling timur di pulau Sumatra ini juga sempat diusulkan menjadi pusat pemerintahan Indonesia. Maksudnya adalah, ibukota masih di Jakarta tapi pusat pemerintahan di Bandar Lampung. Malahan beberapa ahli menilai Bandar Lampung lebih cocok dibanding kota-kota lain yang pernah diusulkan karena letaknya yang strategis.

5. Karawang



Ibukota Negara
Sumber : Kawasanindustri.net
Daerah dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten) tertinggi se-Indonesia ini pernah disebut-sebut cocok menjadi ibukota Indonesia. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Karawang juga sudah menjadi kawasan yang tertata dengan rapi. Kabupaten yang terkenal sebagai salah satu lumbung padi Indonesia ini juga dikenal sebagai daerah pangkal perjuangan, karena di kabupaten inilah terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

6. Purwokerto



Ibukota Negara
Sumber : Id.wikipedia.org
Selanjutnya ada kota Purwekerto yang dianggap cocok menjadi ibukota negara pengganti Jakarta. Alasannya karena kota ini secara geografis berada di tengah-tengah Pulau Jawa yang dilihat dari falsafah Jawa sangat cocok dijadikan pusat pemerintahan. Selain itu kota ini secara historis juga pernah menjadi daerah keresidenan yang representatif.

Selain kota-kota di atas, beberapa nama lain juga pernah disebut seperti Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Magelang, Solo, Propinsi Banten dan lain-lain. Menurut kalian, perlu ngga sih ibukota Indonesia pindah? Kalo iya, kira-kira kota apa yah yang cocok? Monggo dikomen yah guys.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jika Ibukota Pindah Ini 6 Kota Yang Mungkin Jadi Ibukota Indonesia.. Ada Kota Kamu??"