Ngeri!! Pasir Ini Telah Menghisap 1000 Kapal. Terungkap!! Ternyata Ini Penyebabnya..

Di balik indahnya Inggris, ternyata tersimpan beberapa peristiwa yang sangat mengerikan. Salah satunya adalah peristiwa tenggelamnya 1000 kapal di dataran pasir Goodwin Sands.

Dilansir Tribunstyle.com, peristiwa ini pertama kali terjadi pada tahun 1703. Kala itu, beberapa kapal tenggelam di wilayah itu dan menewaskan lebih dari 1000 awak kapal. Kemudian, sekitar tahun 1979, peristiwa ini kembali terjadi tepanya pada 24 Januari 1809, di mana sebuah kapal milik East India Company yang berangkat dari London juga karam dan tenggelam terhisap pasir.





Sebelum tenggelam, ketiga kapal itu berputar-putar di Goodwin Sands.

Sejak peristiwa itu, wilayah itu dilindungi sebagai situs bersejarah berdasarkan pada undang-undang 1973 tentang Protection of Wrecks Act.

Penambangan atau aktivitas ekstrem lainnya didaerah ini mulai dibatasi guna mencegah terjadinya peristiwa yang sebelum-sebelumnya.

Sepanjang sejarah, sudah lebih dari 1000 kapal yang karam di daerah itu dan akhirnya dihisap pasir. Bahkan, ada yang berpendapat sudah ada 2000 kapal di dalam Goodwin Sands.

Lantas, apa yang menyebabkan kapal-kapal tenggelam dan dihisap pasir?

Masih dari sumber yang sama, yang menyebabkan tenggelamnya kapal-kapal besar adalah badai. Memang, saat itu Goodwin Sands dianggap sebagai salah satu laut yang paling berbahaya karena sering dilanda badai atau yang disebut Great Storm Inggris.

Sementara kapal yang dihisap pasir, hingga saat ini belum ada penjelasan yang didapat dari ilmuwan.

Namun yang jelas diperkirakan peristiwa ini tidak akan lagi terjadi pada masa ini, karena Dover Harbour Board ingin mengeruk 2,5 juta pasir di Goodwin Sands untuk memperluas pelabuhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngeri!! Pasir Ini Telah Menghisap 1000 Kapal. Terungkap!! Ternyata Ini Penyebabnya.."

Post a Comment