Manfaat Ludah dalam Mulut Kita

Air liur mengandung mineral, kalsium, dan fluor yang ternyata berfungsi melindungi gigi agar tetap keras. Jika air liur berkurang, asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dapat mengikis gigi dan membuat gigi jadi berlubang.

Kandungan mineral pada air liur itu berasal dari makanan yang kita santap. Misalnya saja ikan laut seperti teri, dan susu merupakan contoh makanan yang mengandung kalsium dan sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut, seperti yang dikutip dari liputan6.com.



Air liur di dalam mulut mampu melindungi gigi dari risiko gigi berlubang. Karena itu disarankan agar mulai saat ini jangan terlalu sering meludah. Selain tidak etis, meludah pun merugikan diri sendiri.

Lebih lanjut, kuman yang menumpuk di dalam plak akan menghasilkan asam yang akan melunakkan gigi dan membuat gigi yang keras jadi berlubang. Peran saliva (air liur) mencegah terhadap karies, karena mengandung kalsium dan fluor.

Maka dari itu, dianjurkan untuk tidak sembarangan meludah, karena merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar. “Sayang banget kalau ludah yang kualitasnya bagus hanya dibuang-buang begitu saja.”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ludah dalam Mulut Kita"

Post a Comment