Ilmuwan Menciptakan "Milk Chocolate" Sesehat "Dark Chocolate"

Para ilmuwan telah menemukan cara bagaimana membuat cokelat susu memiliki nutrisi yang sama baiknya dengan cokelat hitam, tanpa memengaruhi rasanya. Para ilmuwan dari dari North Carolina State University menambahkan senyawa fenolik dari kulit kacang tanah dalam adonan cokelat susu, sehingga memberikan manfaat antioksidan yang sama tingginya dengan cokelat hitam.



Senyawa tersebut dibuat dalam bubuk manis, yang kemudian dimasukkan ke dalam cokelat susu, untuk mengubah manfaat kesehatan dari produk cokelat susu.

Untuk menilai kualitas rasa, sebanyak 80 orang diberi sampel cokelat susu yang telah diberi ekstrak kulit kacang dan cokelat susu normal.

Hasilnya, baik cokelat susu normal maupun cokelat susu dengan ekstrak kulit kacang mendapatkan penilaian yang sama enaknya.

Penelitian yang diangkat dalam Journal of Food Science ini menunjukkan bahwa jumlah ekstrak kulit kacang yang ditambahkan ke dalam adonan cokelat tidak akan mempengaruhi rasa, sehingga sulit bagi orang untuk menyadari perbedaannya.

"Jika diterapkan untuk produk komersial, ekstrak kulit kacang tanah akan memungkinkan konsumen untuk menikmati produk cokelat dengan rasa enak namun memiliki kandungan senyawa yang telah terbukti manfaat kesehatannya," penulis utama Lisa Dean mengatakan EurekAlert.

Banyak pihak yang menyatakan, walau cokelat susu yang ditambahkan ekstrak kulit kacang akan menjadi sehat, namun konsumsi harian cokelat tersebut harus tetap dibatasi, mengingat kandungan gula yang tinggi bisa saja mengurangi manfaat sehatnya.

Peneliti mengatakan, “Setidaknya, ini membuat cokelat susu tak lagi sekadar “bongkahan” gula, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan.”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmuwan Menciptakan "Milk Chocolate" Sesehat "Dark Chocolate""

Post a Comment