Begini Cara 'Menyapu' Emosi Negatif dari Pikiran Anda

Tidak semua orang yang kita temui setiap hari punya sikap yang baik. Beberapa diantaranya justru memiliki sikap yang bisa membuat kita jengkel atau kesal.

Pada gilirannya hal ini memupuk emosi negatif pada pikiran kita.

Menurut Ketua Program Studi S1 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Dr. Yohana Ratrin Hestyanti, Psi, emosi negatif yang menumpuk bisa meracuni pikiran kita. Hal ini tentu saja turut mempengaruhi kualitas hidup yang kita jalani.


"Lingkungan dapat meracuni pikiran kita. Akibatnya kita bisa ikutan berpikiran negatif atau merasa cemas yang pada gilirannya membuat kita tidak bahagia menjalani hidup," ujarnya pada seminar yang dihelat di Universitas Atmajaya Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Belum lagi, tambah Yohana, informasi yang disajikan media massa saat ini cenderung menyulut emosi sehingga dapat meracuni pikiran seseorang. Untuk menyapu 'sampah' emosi tersebut, langkah awal yang perlu dilakukan, kata dia, adalah mengenali terlebih dahulu pencetus yang membuat pikirannya teracuni.

"Setelah mengetahui akar masalahnya, apakah kita memutuskan untuk berubah atau tetap diam saja ketika pikiran kita diracuni terus oleh lingkungan. Jadi, kontrolnya ada pada diri sendiri," tambah  Yohana.

Mengontrol racun pikiran, menurutnya, memang susah-susah gampang. Tapi dengan menahan diri untuk tidak tersulut sikap orang lain yang menjengkelkan, bisa menjadi cara sederhana mendetoks pikiran dari emosi negatif.

"Begitu juga saat menerima informasi, kita jangan mudah tersulut emosi negatif yang diberitakan. Kita harus menahan diri dan terus berpikiran positif agar pikiran kita tidak teracuni," pungkas dia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara 'Menyapu' Emosi Negatif dari Pikiran Anda"

Post a Comment